Rabu, 09 Juni 2010

NASA Kirimkan Robot Manusia ke Luar Angkasa

NASA Kirimkan Robot Manusia ke Luar Angkasa

NASA segera mengirimkan robot mirip manusia yang dibuat bersama dengan Generals Motor Co (GM) ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada musim gugur ini. Demikian dilansir Xinhua, Kamis (15/4).

Robot dengan berat 300 pound tersebut dinamakan Robonaut 2. Robot ini nantinya digunakan untuk menguji pengaruh bobot sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan sebuah robot yang dapat bekerja bersama astronot dan pekerja di pabrik GM.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan generasi robot berikutnya yang dapat meningkatkan keamanan kendaraan, pabrik dan ruang.

"Penggunaan R2 pada stasiun ruang angkasa hanyalah awal dari langkah percepatan antara eksplorasi manusia dan robot ruang," kata John Olson, direktur Kantor Integrasi Sistem Eksplorasi NASA. "Kemitraan manusia dan robot akan sangat penting untuk membuka tata surya dan akan memungkinkan kami untuk pergi lebih jauh dan mencapai lebih dari yang mungkin kita bisa bayangkan hari ini."

September mendatang Robonout 2 akan diluncurkan pada pesawat ulang-alik Discovery sebagai bagian dari misi STS-133 dan akan menjadi bagian permanen dari stasiun ruang angkasa.

Robonaut 2 dapat menggantikan versi sekarang, yang dibangun sepuluh tahun lalu oleh NASA's Johnson Space Center dan Defense Advanced Research Project
Agency .(DARPA/ARI)